Senin, 19 Juli 2010

Mencari Arah Kiblat Dengan Google Earth



CARA MENCARI ARAH KIBLAT SENDIRI
DENGAN GOOGLE EARTH

Google Earth

Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe 3D. Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole,_Inc, sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google 2004. Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005-2006 menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial Global virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju. Google Earth membolehkan pengguna mencari alamat (untuk beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi.


Mencari Arah Kiblat

Dengan goodle earth kita bisa memanfaatkan untuk menentukan arah kiblat secara akurat langsung dari titik tengah Kabah hingga rumah , masjid, gedung-gedung yang ada tampak pada citra Satelit pada google earth. Cara ini adalah sangat akurat karena menggunakan citra satelit yang dapat dilihat secara langsung, mudah, murah, dimana saja dan kapan saja. Sehingga dapat mengakhiri kontroversi arah kiblat akhir-akhir ini. Untuk mendapatkan aplikasi google earth dapat diunduh (di download) secara gratis. Atau apabila tidak tersedia koneksi internet di rumah anda, maka dapat mencoba di warnet untuk mendapatkan gambar google earth.



Cara Menentukan Arah Kiblat

1. Buka aplikasi google earth

2. Cari Kabah dengan mengetikkan pada kolom input , atau ketikkan Al Ka‘ba

gbr 1

3 Tandai pada Kabah di titik tengah dengan menu fasilitas penanda (gbr 1)
4 Cari Lokasi tempat anda yang akan dicari arah Kabah, rumah, masjid, gedung , lapangan tempat shalat Ied dan lain-lain
5. Tandai tempat yang telah ditentukan dengan fasilitas penanda (gbr 2) dalam contoh dipilih gedung sate
.

gbr 2

6. Klik menu penggaris (ruler) kemudian tarik garis dari Kabah yang telah ditandai dari titik penanda Kabah hingga titik penanda di gedung sate. (gbr3 dan 4). Sehingga apabila di zoom akan tampak seperti gambar 5

gbr 3

gbr 4

gbr 5

7.Print lokasi yang akan ditentukan arah kiblat (gedung sate-gbr3). Atau apabila tidak bisa, dapat dilakukan dengan menekan tombol print screen pada keyboard dan copy paste pada aplikasi Paint. (gbr 3)

8 Kemudian gunakan penggaris dengan busur derajat serta ballpoint.(lihat gbr 6)

9. Tarik garis dinding ruang dalam hal ini garis dinding imajiner 1 (b)(garis pintu masuk gedung sate) dan tegak lurus (90 derajat) pada garis dinding imajiner 2 (c) atau dinding sebelah kanan pintu gedung sate. (kedua garis warna kuning)

10. Tarik garis (d) yang tegak lurus pada garis (b) dihubungkan dengan titik penanda arah kiblat. Ini menghadap lurus pada garis c.
11. Tarik garis (e) yang tegak lurus pada garis (c) dan terhubung dengan titik penanda arah kiblat. Garis ini garis muka menghadap dinding (c).

12. Gunakan busur derajat untuk mengukur sudut garis kiblat (a) dengan garis tegak lurus (e) menghadap garis imajiner dinding 2 (c).

13. Dalam contoh didapat sudut 27,3 derajat miring ke kanan dari tegak lurus menghadap dinding (c).

14. Tarik garis tegak lurus pada garis kiblat (a) pada titik penanda , sehingga didapat garis shaf shalat (f).

gbr 6
15. Hasil sudut yang didapat dapat pula diukurkan pada ubin ruangan selama sejajar dengan dinding ruang.

16. Apabila di luar ruangan maka dapat diambil garis acuan misalnya garis jalan atau acuan garis lurus yang tampak pada peta.

Cara ini sangat sederhana namun akurat, dan dapat dilakukan orang awam sekalipun tanpa rumit menggunakan koordinat GPS. Semoga ini dapat membantu meluruskan arah kiblat dan menyempurnakan shalat anda. Dan tentunya lebih sempurna dengan mengkiblatkan pada Allah SWT (Maya Wulan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar